KIM Mengabdi 2 Goes to Ngajum, Malang


Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban bagi setiap civitas akademika di sebuah Perguruan Tinggi terutama Universitas Brawijaya. Tidak hanya Dosen, namun Mahasiswa-pun dituntut mampu untuk menjalankan Tri Dharma tersebut yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Setelah lulus jenjang perguruan tinggi diharapkan mahasiswa  dapat terjun langsung dalam masyarakat.

Kelompok Ilmiah Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (KIM Fapet UB) telah berhasil mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui “KIM MENGABDI 2”. Kegiatan ini merupakan kali kedua bagi KIM Fapet UB, pengabdian kali ini bertemakan “Pengabdian Masyarakat Peternak dan Siswa Desa Sembon dan Maduarjo Kecamatan Ngajum Berbasis Keilmiahan Demi Terterapnya Pengetahuan Aplikatif  yang Menguntungkan Bagi Kemajuan Bangsa” yang dilaksanakan hari Minggu s/d Minggu (24-31 Januari 2016) tepat pada waktu liburan semester Ganjil. “Pengabdian kali ini dilakukan di 3 lokasi berbeda yaitu SMK PGRI Ngajum, SMA Islam Soerja Alam dan 3 lokasi usaha peternakan yang minimal memiliki 30 sapi perah” kata Habib Maulana selaku Ketua Pelaksana Kegiatan KIM MENGABDI  2.

Moh Ihwan Julianto selaku Direktur KIM Fapet UB mengatakan “Mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara bersama-sama dalam satu waktu merupakan tantangan bagi organisasi keilmiahan untuk menginspirasi generasi muda supaya selangkah lebih maju”. Output yang ditargetkan untuk SMK PGRI Ngajum dan SMA Islam  Soerja Alam berupa stimulasi penalaran terhadap potensi lokal tercapai dengan dihasilkannya 20 karya tulis ilmiah remaja yang dipenuhi kreasi dan inovasi. Selain itu, hasil penelitian yang telah dilakukan oleh anggota KIM Fapet UB dapat introduksikan kepada peternak supaya dapat menambah pengetahuan dan dapat diadopsi.

Kesenjangan fasilitas yang didapat, tidak menyurutkan niat untuk belajar dan berinovasi. Tekad untuk selalu memberikan perbaikan bagi kondisi lingkungan sekitar dapat dilakukan dengan menuliskan gagasan secara ilmiah dan sistematis. Ucapan terimakasih kita berikan kepada Fakultas Peternakan, Rektorat Universitas Brawijaya dan lokasi pengabdian yang telah membantu melancarkan kegiatan KIM MENGABDI  2.

IMG_1290 IMG_1362 WP_20160127_15_24_43_Pro

KIM FAPET UB…OPEN YOUR MIND TOUCH YOUR HEART…SOLID SOLID SOLID…(ang)