[KIM BERPRESTASI]

Mahasiswa Fapet UB Raih Juara 3 dalam Ajang Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa PRISMA 7 di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Briwijaya yang tergabung dalam UKM Kelompok Ilmiah Mahasiswa (KIM), pada awal bulan Agustus ini kembali menorehkan prestasi juara 3 dalam bidang Karya Tulis Ilmiah, kali ini perlombaan di selenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dalam rangka Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa (PRISMA 7) pada Jumat-Sabtu, 3-5 Agustus 2018.

TRUEMEAT (Nutraceutical Duck Meat) merupakan judul yang diusung oleh tim yang diketuai oleh Laily Khusnatul Hasanah (Fapet 2016) dengan dua anggotanya yakni Mochammad Bahrul Amiq (Fapet 2016) dan Anang Prayitno (Fapet 2017) yang berhasil mendapatkan juara 3.

Dengan bimbingan dosen Dr. Ir. Mashudi M.Agr. Sc. dapat menciptakan nutrisi tambahan untuk itik yang diperoleh dari bekicot dan daun katuk yang selama ini hanya dianggap sebagai hama dan limbah oleh masyarakat, kandungan omega 3 dari bekicot dan flavonoid dari daun katuk yang memiliki aktivitas antioksidan sehingga mampu menurunkan kadar kolestrol pada daging itik.

Anang selaku anggota tim mengatakan bahwa, konsumsi daging itik dikalangan masyarakat sangatlah rendah dikarenakan pada daging itik terdapat kandungan kolestrol yang tinggi dengan kisaran 75 mg dalam 100 gram nya, di perparah lagi Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kolestrol merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia dan sudah memakan korban meninggal sebanyak 17.5 juta jiwa karena kolestrol

Tim kedua yang berhasil masuk dalam kategori finalis, dengan mengusung judul SENSOR (Smart Energy From Milk Sortation) mereka adalah Lilin Putri Jasmine (Fapet 2017), Muhammad Syarifuddin (Filkom 2017) dan Nur Ahmad Fatihin (Filkom 2017).

Lilin selaku ketua tim berkata ketersediaan energi listrik yang kurang oleh PLN dan minimnya pengolahan EBT (Energi Baru Terbarukan) serta penggunaan MFC’s (Microbial Fuel Cell) system pembangkit listrik dengan memanfaatkan interaksi bakteri yang terdapat dialam yang belum maksimal menjadikan latar belakang dari terciptanya alat yang diberi nama SENSOR

Dengan dibimbing dosen Premy Puspitawati Rahayu S.Pt M.P mereka menciptakan alat yang bahan nya dari pemanfaatan limbah susu sortiran menjadi energi listrik terbaharukan berbasiskan IoT (Internet of Thing) merupakan konsep perangkat yang mampu mentransfer data tanpa terhubung oleh manusia, melainkan internet sebagai media dan kendalinya.

Harapan dengan adanya lomba karya tulis ilmiah nasional ini mampu mengembangkan kreatifitas mahasiswa lebih luas, serta implementasian dari gagasan dapat direalisasikan sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Open Your Mind, Touch Your Heart. (iff)