[KIM BERPRESTASI]

Kontingen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) berhasil menyapu bersih kejuaraan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) di ajang Elexcurtion Teknik Elektro ITB  2018. Elexcurtion Teknik Elektro ITB 2018 diadakan di Fakultas Teknik Elektro dan Fakultas Informatika ITB yang berlangsung selama dua hari, 26-27 Januari 2018 di Bandung.

Dalam Elexcurtion Teknik Elektro ITB 2018 yang mengusung tema besar  “Implementasi Teknologi Tepat Guna Mewujudkan Sustainable Development Goals Indonesia”, Tim mahasiswa Fapet UB berhasil meraih Juara III.

Delegasi Fapet UB yang berhasil meraih Juara III adalah Tim GEN-POMET yang diketuai oleh Muhammad Andika Yudha Harahap, dengan beranggotakan Wahyu Alif Fazrien dan Nandika Sekar Gua Maharani. Tim yang dibimbing dosen Dr.Ir.Puguh Surjowardojo,MP mengambil judul karya tulis “Konsep Transportasi Poultry Berbasis Implementasi Welfare dengan Penerapan Eco Green”.

Muhammad Andika Yudha Harahap selaku ketua tim menyatakan, “Tim kami mencoba memberi solusi terhadap permasalahan mendasar dari pengangkutan unggas khususnya broiler contohnya transportasi tradisional yang menggunakan keranjang, pick up terbuka dan transportasi pabrik. Semua itu mempunyai kekurangan yaitu dapat meningkatkan angka mortalitas dan juga stres pada ayam sehingga menyebabkan menurunnya bobot badan pada ayam. Hal tersebut dapat merugikan peternak serta dapat menimbulkan pencemaran udara. Maka dari itu, kami mempunyai solusi berupa “GEN-POMET” yang mampu menurunkan angka mortalitas pada saat distribusi broiler. Selain itu, GEN-POMET ini mampu memanfaatkan limbah ekskreta secara optimal untuk dijadikan sebagai pupuk kompos”(est.red/eu.pub)