[KIM BERPRESTASI]

Kolaborasi Antara Mahasiswa Fapet dan Mahasiswa Filkom Raih Juara 1 dalam Ajang LKTIN SELF XV 2018 di Universitas Udayana

Kolaborasi mahasiawa Fakultas Peternakan UB (fapet) dan Fakultas Ilmu Komputer UB (filkom), berhasil membawa pulang juara 1 sub tema ekonomi dan juara 1 umum pada ajang LKTIN SELF XV 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana Bali pada 26-29 April 2018. Mereka adalah Puguh Harianto (fapet 2015), Pranaya Arya Satya (fapet 2015), dan Arlian Gutama (filkom 2015).
Tim dari Universitas Brawijaya memilih sub tema ekonomi dengan mengusung judul “SMART IB” Aplikasi Pelayanan IB Berbasis Online System Sebagai Upaya Mengatasi Kegagalan Reproduksi Ternak di Kelompok Tani Sapi Perah dan Pedaging Pandermania Kota Batu.
Tim dengan bimbingan Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DEES menciptakan sebuah aplikasi pelayanan IB (inseminasi buatan) berbasis online dengan berbagai fitur yang ditawarkan seperti recording pada ternak yang berfungsi untuk mengetahui profil ternak, umur ternak dan suklus birahi pada ternak. Terdapat juga fitur tentang berita seputar dunia peternakan Indonesia, serta dilengkapi dengan fitur konsultasi online mengenai pemilihan bibit ternak yang sesuai.
Menurut Pranaya menyatakan bahwa melihat rendahnya angka keberhasilan reproduksi ternak milik kelompok tani Pandermania, dan dari tolak ukur yang kami amati proses service per conception atau ekspresi pada ternak terlalu tinggi yakni bisa diatas 2 kali, sehingga masyarakat membutuh kan lebih dari 2 kali IB (inseminasi buatan) untuk bisa menghasilkan kebuntingan.
Dengan adanya teknologi dari SMART IB harapannya bisa mempermudah peternak khususnya kelompok tani Pandermania dalam melakukan IB (inseminasi buatan) dan recording pada ternak agar reproduksi yang dipelihara bisa maksimal.
Semoga dengan adanya lomba ini mampu mengembangkan kreatifitas mahasiswa lebih luas, serta implementasian dari ide dapat direalisasikan agar bisa dirasakan oleh masyarakat luas. (iff)