FAPET UB membawa Emas dan Perak dari PIMNAS 26

Alhamdulillah….

.. 1 tim PKM-T Fakultas Peternakan UB yang diketuai oleh Safitri, berhasil membawa emas dari PIMNAS ke 26 yang diselenggarakan di Mataram.

Dengan karya mereka yaitu FORBEL (Filling Semen Portable), mereka berhasil memperoleh emas dari kategori poster. Selain emas,mereka juga memperoleh Perak dari kategori presentasi.

Semoga dapat memotivasi kita semua..

Semua hal membutuhkan proses. Dan mari kita nikmati proses tersebut..

Mataram, (9/12/13) bertempat di depan lapangan rektorat Universitas Mataram (UNRAM) hasil PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke 26 telah diumumkan. Tahun ini satu tim dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya berhasil lolos PIMNAS dan membawa prestasi yang memuaskan.

PIMNAS yang dibuka oleh Menteri Pendidikan tersebut, mempertandingkan 400 tim yang berasal dari skim PKM-P, PKM-KC, PKM-T, PKM-GT, PKM-MM, PKM-K. Sedangkan kontingen UB terdiri dari 28 tim, salah satunya ialah TIM PKM-T dari Fapet dengan judul program “Forbel (filling semen portable) Inovasi Alat Pengemas Semen Menggunakan Sistem High Accuracy Semi Automatic Vacum Sebagai Upaya Penggalakan IB Semen Segar”  dimana tim ini telah bekerja dan melaksanakan program dari bulan Februari hingga September di bawah bimbingan oleh Bapak Dr.Ir. Gatot Ciptadi. TIM ini merupakan kolaborasi dari mahasiswa Fakultas Peternakan dan mahasiswa Fakultas teknik Mesin. Konsep program ini adalah pembuatan alat  untuk mempercepat proses pengemasan semen segar, sehingga semen segar yang memiliki fertilitas tinggi dapat dikemas dan digunakan secara langsung setelah ejakulasi di tempat penampungan semen.

Untuk skim PKM-T tahun ini, dari kontingen UB hanya ada dua tim yang lolos PIMNAS dimana telah melalui seleksi yang sangat ketat oleh DIKTI dari seluruh PTN/PTS se-Indonesia. TIM “Forbel” dari FAPET ini mendapat giliran mempresentasikan karyanya pada hari pertama PIMNAS yang berlangsung pada hari Selasa (10/9/13) di ruang Pulau Moyo, Fakultas Teknik, Unram.

Dari hasil PIMNAS yang dibacakan salah satu perwakilan dari dewan juri, TIM PKM-Penerapan Teknologi FAPET UB berhasil membawa pulang satu penghargaan emas untuk poster dan satu penghargaan perak untuk presentasi. Prestasi tersebut tidak lepas dari doa, dukungan, dan semangat dari dosen pembimbing, Bapak Prof. Dr. Ir. Kusmartono selaku Dekan dan Bapak Dr.Ir. Eko Widodo, MSc. selaku Pembantu Dekan III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *