Delegasi KIM Fapet UB Harumkan Nama Almamater Brawijaya di Surabaya

19521

Delegasi Kelompok Ilmiah Mahasiswa (KIM) Fapet UB lagi-lagi menorehkan prestasi di ajang Nasional melalui Lomba Karya Tulis Al-Quran (LKTA) Islamic Paper Competition(IPC) 1437 H. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kajian Islam Nurul Ilmi (KINI) Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri – Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Lomba tersebut diikuti dari berbagai PTN di Indonesia, diantaranya Undip, UB, UGM, UNS, ITB, Unpad, Unimed, dan ITS.

Universitas Brawijaya mendelegasikan 3 tim yang salah satunya berasal dari Fakultas Peternakan. Adalah Rani Winardi Wulan Sari (2014) selaku ketua tim, dengan anggota Florida Marceluna (2014), Aprilia Retno (2014), dan Muhammad Ngalaul Huda (2013). Judul karya “ALBATIS: Pengembangan Natural Antiseptic dalam Pembuktian Surat An-Nahl Ayat 66 dan Al-Hadist sebagai Upaya Peningkatan Produksi Susu dan Pencegahan Penyakit Mastitis Pada Sapi Perah” berhasil  mengantarkan Rani and tim meraih Juara I.

Kegiatan yang diadakan dalam bentuk penyuluhan ke masyarakat dan persentasi ilmiah ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Jumat – Sabtu (11-12/3/2016). Dimana pada hari pertama seluruh finalis terjun langsung ke masyarakat Desa Nambangan, Kenjeran, Surabaya untuk melakukan sosialisasi terkait inovasi yang telah  dibuat. Sementara itu di-hari kedua, seluruh finalis melakukan presentasi di gedung Teknik Kimia FTI-ITS dihadapan 3 juri yang terdiri dari trainner/lulusan teknik Kimia ITS, dosen ilmu kelautan, dan dosen teknik kimia. Penilaian berdasarkan nilai skor aplikasi karya di masyrakat  dan presentasi.

“Semoga prestasi ini dapat memotivasi teman-teman dalam berinovasi untuk meningkatkan prestasi dibidang non-akademik bagi almamater tercinta Universitas Brawijaya. Open Your Mind, Touch Your Heart” papar Ngalaul Huda. (ang/dta)